LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

September 15, 2007 at 9:14 am | Posted in Lembaga | Leave a comment

Untuk menunjang lancarnya pekerjaan yang telah diprogramkan oleh para staf Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Universitas Tridinanti Palembang telah dilengkapi dengan beberapa sarana antara lain :
–  Ruang kerja LPPM ber AC
–  1 (satu) meja rapat
–  Perpustakaan
–  3 (satu) set komputer
– dll
  Lembaga Penelitian Universitas Tridinanti Palembang dalam usahanya memotivasi staf tenaga pengajar untuk melakukan penelitian mengambil beberapa program terobosan  dengan mengadakan “Lokakarya Metode Penelitian Sosial” yang disampaikan oleh Bapak Fachrurrozie Syarkowi, Ph.D. dan mengadakan seminar antar dosen dilingkungan Universitas Tridinanti Palembang  yang dilaksanakan dalam satu bulan sekali.
  Tahun 1988/1989 diadakan lokakarya dengan tujuan serupa yang diberikan oleh staf pengajar ITB Bandung. Yang di khususkan pada disiplin eksak.Disamping beberapa kegiatan yang ditempuh, lembaga penelitian Universitas Tridinanti Palembang berusaha untuk mengikut sertakan staf penelitinya dalam penelitian dengan instansi lembaga lainnya. Mengenai staf peneliti pada Lembaga Penelitian Universitas Tridinanti, terdiri dari dosen tetap Strata Dua (S2) yang berjumlah 91 orang dan dosen tetap strata 3 (S3) 7 orang.
  Untuk tahun 1994/1995  Universitas Tridinanti Palembang  bekerjasama dengan Pemda Tk.I dan bebrapa daerah tingkat II di Daerah Sumsel mengadakan Penelilitan terhadap 14 proyek penelitian di daerah Sumatera Selatan. Bersama-sama dengan Bapeda Tk.I Sumatera Selatan pada bulan September  1995 telah disusun proposal “Susunan Repelita Tahunan (SARLITA) IPTEK 1994/1995 s/d. 1998/1999 meliputi 31 Judul penelitian yaitu : 13 proposal program tekhnologi produksi, 5 judul program tekhnologi, 13 judul program ilmu pengetahuan terapan.
Pada tahun 2006 Lembaga Penelitian Universitas Tridinanti Palembang mendapat bantuan Dana Program Penguatan Lembaga Penelitian di Perguruan Tinggi, guna meningkatkan tenaga pengajar dalam hal membuat proposal penelitian yatu Pelatihan dan Lokakarya Penyusunan Proposal Penelitian yang dilaksanakan di Universitas Tridinanti Palembang pada tanggal 14 & 15 Agustus 2006 serta Pelatihan dan Lokakarya Evaluasi Kelayakan Proposal Penelitian yang dilaksanakan di Universitas Tridinanti Palembang pada tanggal 14 & 15 November 2006. 
Dalam usianya yang tergolong masih muda, Universitas Tridinanti saat ini memprioritaskan dharma Pendidikan dan pengajaran dari TriDharma  Perguruan  Tinggi,  namun  demikian prosentase skala prioritas tersebut terus disesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan searah dengan kebijaksanaan pendidikan nasional. Seyogyanya pengabdian pada masyarakat, adalah merupakan aplikasi/terapan dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan.  Diharapkan dari penelitian-penelitian mendatang dapat diterapkan ke dalam pengabdian pada masyarakat. 

Pada tanggal  27 Desember 2006 dengan SK YPNT No.055/YPNT.A/KP/F.XII/2006   Lembaga Penelitian (LP) dan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) digabungkan menjadi satu yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat yang disingkat menjadi LPPM.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.